Unshakeable Youth Hadirkan ‘Tongkrongan Baru’ untuk Mahasiswa dan Pelajar Jatinangor

Jatinangor – Mahasiswa atau pelajar SMA yang pertama kali menginjakkan kaki di sekolah atau kampus barunya pasti merasakan hal yang sama, yaitu cultural shock. Topik inilah yang diangkat oleh Tirto Ganda, pembicara di acara Gathering Youth pada Sabtu, 8 September 2022 di Casa de Aminda, Jatinangor.

‘Tongkrongan Baru’ menjadi tajuk acara Gathering Youth yang diangkat oleh Unshakeable Youth tahun ini. Melalui acara ini, Unshakeable Youth ingin berbagi tips dan trik bagi mahasiswa baru agar bisa beradaptasi dengan cepat di kampus barunya. Komunitas pemuda dari Unshakeable Church ini juga ingin memperkenalkan kota Jatinangor kepada peserta Youth Gathering.

“Culture shock bukan lagi menjadi fenomena yang asing kalau kalian pindah ke tempat baru,” kata Tirto seolah-olah sedang berbicara langsung kepada peserta acara. “Tanda-tandanya, kalian merasa kesepian atau terasing, merasa berbeda daripada orang lain, dan menjadi anti sosial (ansos) karena tidak bisa berkomunikasi dengan orang yang berbeda budaya.”

Tirto tidak hanya membicarakan tentang masalah cultural shock, tetapi memberikan solusinya pula. “Pertama, hadapi kenyataan kalau kalian memang ditakdirkan untuk berkuliah di Jatinangor. Kedua, belajarlah untuk berdamai dengan keadaan dan menerima kondisi apa pun yang terjadi sampai saat ini.”

Acara dibuka dengan meriah oleh Agus Gulo dan Vellen Tessalonika sebagai pembawa acara. MC juga memimpin acara ice breaking dan games agar peserta tidak merasa tegang selama acara berlangsung. Seusai memainkan game, ada pertunjukan kabaret mengenai seorang mahasiswa yang mengalami cultural shock karena berkuliah di tempat baru. Pertunjukan kabaret ini sangat relevan dan mampu menggambarkan topik yang dibawakan pada sesi sharing.

Suasana makin meriah karena ada pengumuman ‘King and Queen’ dalam acara Gathering Youth. Ada pun dua orang yang beruntung tersebut adalah Eben dan Ella. Acara ditutup dengan makan dan foto bersama untuk menjalin keakraban antar peserta.

Elis, mahasiswi Institut Kesehatan Imanuel turut memberikan pendapatnya dalam acara ini. “Senang banget bisa ikutan nongkrong seru bersama Unshakeable Youth dari awal sampai selesai. Saya menikmati setiap acara, and yeah, it’s always be a pleasure,” ucapnya. Ada pula kesan lain dari Ester, mahasiswi Universitas Bhakti Kencana. “Saya senang sekali bisa ikut setiap acara dan sangat terberkati,” katanya singkat.

Buat mahasiswa dan pelajar Jatinangor yang belum sempat menghadiri Gathering Youth ‘Tongkrongan Baru’ ini, jangan khawatir. Kalian dapat bergabung dalam komsel di Unshakeable Youth. Kunjungi halaman Komsel College untuk mahasiswa dan Komsel Teens untuk pelajar SMP dan SMA. Kalian bisa menghubungi kami di Instagram Unshakeable Youth kalau memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang komunitas Kristen di Jatinangor.